Friday, April 8, 2016

kerusakan mesin motor injeksi

Ini Caranya Deteksi Kerusakan Pada Motor Injeksi!

honda-pcx-150-2014-details-3
Honda Lovers, jaman sekarang emang udah jamannya injeksi. Enggak diragukan lagi kalau motor berteknologi injeksi punya performa pembakaran yang lebih optimal. Ibaratnya sih tiap tetes bensin yang terbakar berbanding lurus dengan performa yang dikeluarkan. Alhasil motor lebih irit tapi mampu ngacir tanpa kendala.
Hanya saja jaman sekarang masih ada saja yang meragukan performa motor dengan teknologi injeksi. Misalnya di Honda yaitu teknologi PGM-FI. Pasti banyak nih Honda Lovers yang udah menggunakan motor dengan teknologi PGM-FI kan?
Enaknya system PGM FI adalah Honda Lovers bisa langsung ngecek jika memang ada kerusakan pada systemnya. Caranya dengan melihat Malfunction Indicator Lamp atau MIL. Lampunya yang mana? Itu lho yang menyala saat anda memutar kunci kontak ke posisi on. Lampu MIL akan menyala sejenak yang menandakan pompa bensin telah aktif untuk mengucurkan bahan bakar ke injector.
Tapi ketika sistem injeksi tidak normal atau ada kerusakan, maka MIL akan berkedip memberikan kode. Jumlah kedipan itu memberikan pesan, kerusakan yang terjadi sehingga pengendara mengerti akan kerusakan pada sistem injeksinya.
Nah cara baca kedipannya gimana? MIL memiliki dua jenis kedipan dalam memberikan kode adanya kerusakan pada sistem injeksi, yaitu kedipan pendek (0,3 detik) dan kedipan panjang. MIL berkedip pendek artinya satu atau bisa hitung satu kedipan. Sedangkan MIL berkedip panjang berarti 10.
Contohnya begini, MIL tiga kali mengedip panjang dan tiga kali mengedip pendek. Berarti dihitung 33 kedipan. Nah kode 33 ini berarti Engine Control Module (ECM) bermasalah.
Kode-kode kerusakan di sistem injeksi motor Honda apa saja sih? 1 kedipan berarti sensor Manifold Absolute Pressure yang bermasalah. 7 kedipan berarti ada masalah di Engine Oil Temperature sensor. Kalau 8 kedipan berarti masalahnya di Throttle Position Sensor. Lalu kedipan pendek 9 kali berarti Intake Air Temperature yang bermasalah.
Lanjut ke kode kedipan panjang nih. 12 kedipan yang berarti 1 kedipan panjang dan 2 kedipan pendek tandanya injektornya yang bermasalah. 21 kedipan punya arti O2 sensor yang bemasalah. 29 kedipan pertanda masalah di Idle Air Control Valve. 33 kedipan punya arti ECM yang trouble. Terakhir 54 kedipan yang berarti Bank Angle Sensor yang bermasalah!
Tapi Honda Lovers tenang saja. Enggak perlu dihafalin semuanya kayak mau ulangan. Setidaknya dengan paham jika MIL terus menerus berkedip, anda harus buru-buru bawa motor Honda kesayangan ke AHASS terdekat. Mekaniknya pasti paham kok. Enaknya lagi, system PGM-FI Honda digaransi selama lima tahun lho. Enggak perlu khawatir kantong jebol. Yang penting bawa aja ke AHASS dulu biar performa motor tetep terjaga. Setuju

http://www.mpm-motor.co.id/ini-caranya-deteksi-kerusakan-pada-motor-injeksi/

No comments:

Post a Comment